Friday, May 6, 2016

WISATA DI LUMAJANG JAWA TIMUR INDONESIA

A.WISATA TERBAIK DI LUMAJANG JAWATIMUR

Nama Lumajang sendiri berasal dari nama tempat "Lamajang" yang diketahui dari penelusuran sejarah, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya. Lumajang adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya adalah Lumajang. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Lumajang memiliki cukup banyak lokasi wisata mungkin sebagian orang tidak tahu dimana letak Lumajang yang juga terkenal dengan sebutan Kota Pisang ini, tapi patut harus anda ketahui bahwa di Lumajang terdapat segudang potensi wisata yang sangat luar biasa.

1. Gunung Semeru

Wisata paling terkenal di daerah lumajang ini ya gunung semeru. Gunung semeru berada di kawasantaman nasional bromo tengger semeru, yang merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di antara 4 kabupaten yaitu kabupaten pasuruan, kabupaten malang, kabupaten lumajang, dan kabupaten probolinggo. Jadi bisa dikatakan gunung semeru ini dimiliki oleh keempat kabupaten tersebut. Bagi anda pecinta alam atau yang suka mendaki gunung, belum lengkap rasanya jika anda belum bisa menaklukkan puncak semeru ini.



2. Ranu Pane


Ranu Pani adalah objek wisata di jawa timur yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (tnbts), sebuah danau hijau seluas 1 hektar. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru Mahameru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah. dan menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi pecinta Pendakian Ke Gunung Semeru karna danau ranu pane merupakan lokasi (tempat) transit trekking Pendakian Ke Ranu Kumbolo dan jalur hiking ke gunung semeru (3.767m dpl), dan bisa di katakan jalur melalui ranu pane ini adalah jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi.



3. Gunung Lamongan

Gunung Lamongan yang punya keindahan panorama seperti semeru sedikit bocoran, katanya gunungâ lamongan ini merupakan replika atau miniatur dari gunung semeru, Keindahannya tak jauh berbeda dari semeru, tapi perbedaan adalah pada ketinggian yang lebih rendah yaitu sekitar 1651 mdpl. Cocok buat kamu yang sedang persiapan untuk menanklukkan mahameru. Keindahannya alamnya juga tak kalah cantik. Disini matamu akan dimanjakan dengan keindahan triangle lake yaitu ranu klakah, ranu pakis dan ranu bedali. Disebut triangle lake karena memang ranu-ranu tersebut jika dihubungkan akan membentuk segitiga. Lokasi gunung lamongan ini berada pada daerah klakah kawasan utara lumajang.

4. Ranu Kumbolo


Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak di ketinggian 2.400 meter dpl, Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke Mahameru, puncak Gunung Semeru. Dengan debit air yang melimpah dan tak pernah surut, Ranu Kumbolo menjadi titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda.
Keindahan Ranu Kumbolo memang tak perlu diragukan lagi. Di sana, para pendaki biasanya berburu sunrise yang memang begitu mengagumkan. Matahari pagi muncul di sela-sela dua bukit hijau berpadu dengan beningnya air danau menjadi sebuah panorama yang tak terucap.

No comments:

Post a Comment