Tuesday, May 10, 2016

DESA ADAT KEMIREN USING BANYUWANGI

ADAT KEMIREN OSING BANYUWANGI



Kemiren merupakan salah satu desa adat di banyuwangi yang masih kental akan adat istiadat suku osing. desa yang terletak di kecamatan glagah, Banyuwangi. penduduk di desa ini dipenuhi dengan suku osing semua dan masih mempertahankan tradisinya. bahasa keseharian mereka menggunakan bahasa Osing. sekedar informasi, Osing sendiri memiliki arti tidak, kita sebagai suku Osing memilih kata Osing karena kita dulu berkata Tidak untuk penjajahan atau Osing kanggo penjajahan. Karena masih kentalnya adat istiadat di desa ini, pemerintah menetapkan desa ini sebagai cagar budaya.

Salah satu daya tarik desa kemiren adalah adanya Sanggar Genjah Arum, Sanggar ini di desain dengan tema rumah masyarakat Banyuwangi di tempoe doeloe. Sanggar ini milik seorang pengusaha perkebunan yang bernama Setiawan Subekti atau biasa dipanggail dengan kang Iwan.

Selain Sanggar Genjah Arum, di desa ini sering diadakan festival seperti Ngopi Sewu. festival ini merupakan acara tahunan pemerintah banyuwangi yang di selenggarakan di desa adat kemiren dimana penduduk di desa ini menyediakan meja dan kursi di depan rumah yang dilengkapi dengan kopi asli banyuwangi untuk di minum bersama - sama.


No comments:

Post a Comment